16 February 2011

Miss Independent



Tahun baru menjadi pertanda bahwa usia kita pun bertambah. Seiring dengan pertambahan usia, tentunya kita juga harus menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan mandiri. 
Namun sayangnya, orang sering salah mengartikan makna di balik kata mandiri. Tinggal terpisah dari orangtua atau menafkahi diri sendiri seringkali menjadi tolak ukur kemandirian seseorang. Padahal... mandiri jauh lebih dari pada itu. 
Menilik ke kehidupan pribadi saya sendiri, setiap tahun 'menjadi semakin mandiri' selalu masuk dalam daftar resolusi awal tahun saya. 
Kenapa?
Karena mandiri merupakan aspek penting yang sangat menentukan masa depan seseorang. Seseorang bisa sukses ataupun gagal dalam hidupnya berdasarkan tingkat kemandirian yang dimilikinya. 
Tenang saja, untuk menyandang predikat miss independent, kita nggak perlu terlalu memforce diri kita. Semuanya bisa dilakukan step by step. Learning by doing
Hal termudah untuk memupuk rasa mandiri dalam hidup kita sehari-hari adalah denganmengurus diri sendiri. Enggak ada lagi tuh, insiden kalang kabut pagi-pagi karena enggak ada yang bangunin dan berakhir dengan telat masuk sekolah. Siapkan keperluan sekolah dari malamnya, jadi saat pagi hari kita enggak usah ribet. Kumpulkan motivasi supaya begitu alarm berbunyi pada waktu seharusnya, kita langsung bangun, bukannya malah mengaktifkan menu snooze, atau menutup kuping dengan bantal. 
Berat memang, tapi bukan mustahil. Saya juga sedang berusaha untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan saya. 
Selanjutnya adalah dengan berani mencoba hal-hal baru yang positif dan dapat memberi dampak baik bagi kita, plus mempertanggung jawabkannya. 

Sifat mandiri juga bisa dibina lewat keberanian mengambil keputusan dan menentukan hal-hal penting dalam hidup kita. Minta saran atau evaluasi dari orang lain memang sah-sah saja, tapi jangan kelewatan juga, sampai kamu malah 'disetir' oleh mereka. 

Stop jadi spoiled brat. Kalau kebetulan nggak bisa dijemput, apa salahnya naik kendaraan umum? Kalau jarak dari rumah ke tukang fotocopy bisa ditempuh dengan jalan kaki, kenapa juga harus naik mobil? 
Tanamkan selalu prinsip bahwa apapun yang masih bisa kita kerjakan sendiri, akan kita lakukan dengan baik. Jangan menjadi 'parasit' bagi orang lain, atau dengan kata lain, orang menjadi terganggu karena ulah kita. 
Nah, yang satu ini adalah nilai plus. Mencari uang sendiri. 
Memang benar sih, selama masih sekolah, kita masih berada dalam tanggung jawab penuh orangtua. Sudah menjadi kewajiban mereka untuk menafkahi kita. Tapi coba deh bayangin, gimana asiknya kalau bisa mendapatkan uang dengan hasil jerih payah sendiri.
Saya tau bagaimana rasanya karena thank God saya sudah berhasil melewati fase ini dalam kehidupan saya. Perasaan bangga karena bisa melihat langsung hasil kerja kita membuahkan hasil dalam wujud materi tidak dapat dibayar dengan apapun juga. 

Selain itu, kita juga disadarkan tentang dua fakta sekaligus. Pertama, cari uang itu tidak mudah. Kedua, betapa besarnya pengorbanan dan kerja keras orangtua kita dalam mencari nafkah. Semuanya itu secara otomatis akan membuat rasa mandiri semakin tertanam dalam kepribadian kita. 
Tidak hanya itu saja. Orang lain juga pasti akan lebih menghargai kerja keras kita yang bisa mandiri tanpa 'suntikan' dana dari orangtua. 
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan demi memperoleh penghasilan pribadi. Semuanya kembali kepada passion kita masing-masing. Untuk yang hobi nulis, bisa mengirim tulisan-tulisan ke majalah atau media lain (seperti apa yang saya lakukan). Bagi yang kreatif dan inovatif, bisa membuka online shop yang khusus menjual barang-baranghandmade yang unik dan one of a kind. 

Namun yang harus diingat adalah, bagaimana cara kita memanage uang penghasilan kita itu juga menjadi tolak ukur kemandirian kita. 

Cewek mandiri akan menggunakan uangnya dengan bijak. Entah itu dibelikan sesuatu yang betul-betul berdaya guna, atau untuk ditabung. Yang jelas tidak untuk dihambur-hamburkan demi kesenangan sesaat. 

Kesimpulannya, untuk menjadi cewek mandiri, pertama-tama harus dimulai dari tekad kita sendiri. Karena segala sesuatu yang diiringi dengan tekad bulat akan membuahkan hasil yang baik.  Baru kemudian kita mulai menerapkan step-step di atas dalam kehidupan sehari-hari.

Jika di tengah jalan kita merasa tidak mampu atau terlalu lelah, 'kobarkan' kembali semangat yang pernah menggebu-gebu di awal. Ingatlah betapa banyak hal baik yang akan kita dapatkan di kemudian hari dengan melatih diri menjadi cewek mandiri sejak dini.

Picture : pinterest.com

No comments:

Post a Comment