18 June 2012

Read Minds


 

Bagaimana kalau setiap manusia memiliki kekuatan super dapat membaca pikiran orang lain?

Entah kenapa pemikiran ini tiba-tiba muncul di benak saya, dan saya langsung ngeri membayangkan ada jutaan orang seperti Edward Cullen di dunia ini.

Semua orang akan tahu perasaan kita, akan tahu masalah dan apa yang kita pikirkan.
Kita akan tahu opini orang lain terhadap kita, tahu bagaimana cara mereka memandang kita.

Dari sekian banyak kekuatan super, sebut saja terbang, menghentikan waktu, menggandakan diri, menggerakkan benda (telekinetik) dan lainnya, saya tidak menemukan adanya kebaikan dari kekuatan super membaca pikiran—selain dalam pertarungan. Malah mungkin akan terjadi kekacauan. Kita bisa stres, sakit hati, atau bahkan bertengkar dengan orang lain saat mengetahui opini negatif mereka terhadap kita. Kehidupan akan menjadi sangat flat. No drama, no surprises. Manusia tidak memiliki privasi lagi. Nilai-nilai kehidupan juga akan hilang.


Film, novel, dan semua yang sifatnya fiksi akan selalu berlomba-lomba menampilkan hal-hal yang membuat kita kagum. Salah satunya adalah penggambaran bahwa orang yang memiliki kemampuan membaca pikiran orang lain adalah sosok yang cool. Sekali lagi, itu hanya fiksi yang dibuat demi hiburan semata. Kehidupan nyata tidak seindah itu.

Nikmati saja apa adanya. Tidak perlu kekuatan super supaya bisa menjalani kehidupan luar biasa. Biarlah kita menjadi pemilik tunggal dari pikiran kita sendiri. Biarlah kita menjadi pengontrol mana pikiran yang perlu dibagi dengan orang lain, dan mana yang untuk konsumsi kita sendiri.

Pictures : ninacdr.tumblr.com | someecards.co

No comments:

Post a Comment